Skip to main content

Biaya Rehab Rumah Dengan Anggaran Terbatas

Artikel ini untuk anda yang mau tahu biaya rehab rumah dengan budget atau anggaran yang terbatas.

Sering kali kita dibuat kaget karena biaya rehab rumah kok hampir sama dengan bangun rumah baru? Harusnya hal itu gak bakal terjadi kalau kamu sudah persiapkan daftar anggaran.

Nyatanya, ekspektasi gak selalu sesuai dengan realita. Malah cukup banyak dana siluman yang menyambangi perencanaan. Kalau sudah begitu, jangan cuma salahkan tukang. Yuk, mari instrospeksi diri dulu.

Baca Juga :
Jasa Kontraktor Interior dan Desain di bandung
Jasa Pemborong Bangun Rumah di Bandung

Kamu bisa terhindar dari biaya rehab rumah yang bikin ngos-ngosan kok. Coba deh panduan hemat berikut biar rumah makin kinclong tapi gak bikin kantong bolong.

Beli bahan material bekas

Bahan Bangunan Rumah Idaman Minimalis

Daripada beli yang baru, kamu bisa beli bahan bekas aja. Harga tentu lebih murah. Tapi meski bekas, bukan berarti gak berkualitas ya.

Bahan material bekas terbagi jadi dua kategori, yaitu material reuse dan recycle.

Material reuse adalah material yang emang bisa dipakai lagi. Contohnya, kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, serta kayu buat atap. Material recycle adalah material bekas yang kemudian didaur ulang. Contoh, batu bata dan keramik.

Kamu bisa cari produk bekas ini di toko-toko bahan bangunan di sekitar tempat tinggal. Ada pula beberapa toko online yang khusus jual bahan bangunan bekas. Cara lain, bisa tanya kenalan yang masih simpan material gak terpakai.

Berburu diskon bahan bangunan

Siapa bilang diskon hanya ada di supermarket kebutuhan sehari-hari aja? Bahan bangunan juga sering kali didiskon, lho.

Biasanya diskon tersebut gak ada di toko bangunan konvensional. Coba deh ke supermarket khusus bahan bangunan atau buka website toko bangunan tertentu.

Beli bahan material sendiri

Beli sendiri bahan-bahan material yang dibutuhkan bakal menghemat bujet. Alasan pertama, kamu tahu berapa harga sebenarnya. Kedua, ini meminimalisir tukang bakal mark-up harga sebenarnya.

Kamu bisa sambangin beberapa toko bangunan terdekat dari rumah. Supermarket bahan bangunan juga jadi opsi terbaik.

Jangan buang perkakas atau bagian rumah yang masih bisa dipakai

Kamu lagi rehab, bukan sedang bangun ulang, bukan? Jadi, gak semua perkakas atau bagian rumah sebelumnya harus disingkirkan. Jika masih ada yang cocok digunakan, ya, gunakan aja.

Beberapa bagian rumah yang gak perlu kamu buang, antara lain kaca jendela, kusen pintu, genteng bongkaran, dan besi bongkaran struktur bangunan.

Bagikan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *