Skip to main content

Perkiraan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Perkiraan Biaya Membangun Rumah Minimalis Secara Umum per-meter persegi

Jika Anda memang memaksakan ingin mengetahui biaya pembangunan secara umum maka Anda mampu melihat referensinya berikut ini. Ingat biaya ini hanyalah berupa kisaran, jadi belum sempurna seratus persen.

Bentuk Rumah Minimalis

Makara kisaran biaya yang umum pada pembangunan rumah minimalis yakni :

  • Untuk luas bangunan seluas 100 meter persegi biayanya antara Rp300 hingga Rp350 juta.
  • Untuk luas bangunan 101-300 meter persegi biayanya sekitar Rp325 hingga Rp375 juta.
  • Untuk luas bangunan di atas 301 meter persegi biayanya antara Rp350 hingga Rp400 juta.
  • Jika dibandingkan dengan perhitungan per-item maka perhitungan secara umum menurut luas bangunan biasanya akan memakan biaya yang lebih besar. Pembengkakan biaya ini disebabkan oleh beberapa hal seperti
  • Kesepakatan harga dengan kontraktor.
  • Luas areal dan jenis material yang digunakan
  • Perizinan dan distribusi material dari toko ke lokasi rumah

Maka bila Anda benar-benar ingin menerima daftar harga yang sempurna ini maka selain menghitung per-item, Anda mampu melaksanakan survei kisaran harga materi bangunan dan biaya tukang yang ada di kawasan itu.

Baca Juga :
Tips Membeli Rumah Idaman Pertama Dengan Dana Terbatas

Hitungan Kasar Biaya Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai

Untuk Anda yang ingin mengetahui detail biaya pembangunan rumah minimalis 2 lantai, maka Anda mampu membaca gosip berikut ini. Adapun asumsi anggaran biaya keseluruhan rata-rata untuk membangun rumah minimalis 2 lantai ini yakni minimal Rp165 juta. Namun bila Anda ingin membangun rumah minimalis 2 lantai tipe 60, maka Anda perlu mempersiapkan anggaran antara Rp300 juta hingga Rp400 juta.

Rumah Idaman Keluarga Kecil
Rumah Idaman Keluarga Kecil

Perhitungan pembangunan rumah minimalis dua lantai ini sendiri terdiri atas beberapa detail berikut ini.

  • Hitunglah pembiayaan materi bangunan per meter persegi. Pilihlah materi bangunan yang kualitasnya manis sekaligus, dengan asumsi per meter persegi dikalikan dengan seluruh luas bangunan.
  • Terakhir Anda mampu menghitung planning anggaran keseluruhan bangunan dengan rumus luas rumah dikalikan harga bangunan. Misal memakai rumah tipe 60 m2 dikalikan dengan harga bangunan per meter persegi (Rp5 juta) sama dengan Rp300 juta.
  • Setelah Anda menghitung rincian biaya materi bangunan, hitunglah rincian biaya lainnya mirip biaya untuk arsitektur dan biaya untuk kontraktor (jika Anda memakai kedua layanan tersebut)
  • Jika sudah, Anda total keseluruhan 3 biaya di atas. Apabila budget memungkinkan, tambahkan sekaligus penghitungan properti dan biaya untuk menghias rumah Anda mirip pembangunan taman dan pengisian properti ruang tamu dan dapur.

 

Bagikan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *